Kamis, 04 Agustus 2011

Novel "PRINCESS" by JEAN P. SASSON


Surat dari
Putri Sultana
Yang saya cintai, para pembaca Princess
Ketika menulis kata-kata ini, saya tersenyum puas karena Anda membaca cerita tentang masa kecil sampai awal perkawinan saya. Semenjak saya masih seorang gadis kecil yang tak dicintai ayah, dan menderita karena
kakak laki-laki yang jahat, saya sangat ingin menceritakan kepada seluruh dunia betapa banyaknya gadis muda Saudi yang hidup dirundung kesedihan atau marah karena saudara laki-laki mereka sangat dicintai sementara mereka, sebagai anak perempuan, diabaikan. Saya hidup sebagai seorang Putri, meskipun begitu saya tidak punya banyak pilihan. Ayah saya hanya mencintai anak laki-lakinya. Saya sangat ingin dicintai ayah, namun apa pun yang saya rasakan dan katakan sama sekali tak mengubah ketakacuhannya kepada saya. Meskipun tak terpelajar, orangtua saya adalah keluarga kerajaan, sehingga semua kebutuhan saya terlengkapi, seperti pendidikan, makanan, pakaian, dan perhiasan yang indah. Saya dikeliling oleh kakak perempuan yang penuh kasih. Dan ibu yang sangat baik selalu berusaha melindungiku dari laki-laki dalam keluarga kami. Saya sangat beruntung dibanding kebanyakan gadis kecil lain.

Saya hampir tidak bisa membayangkan bagaimana gadis-gadis muda Saudi lain bertahan dalam hidup mereka. Saya mengenal gadis-gadis muda yang dipaksa menjadi istri ketiga atau keempat seorang laki-laki tua. Saya mengenal perempuan muda yang langsung dicerai ketika didiagnosa memiliki penyakit serius. Beberapa dari perempuan ini adalah para ibu, sementara anak-anak mereka diambil dari pangkuannya dan dibesarkan oleh perempuan lain. Saya mengenal gadis muda yang dibunuh oleh anggota keluarganya tak lain hanya karena merasakan adanya kelakuan yang tak senonoh. Saya juga mengetahui begitu banyak cerita tragis. Anda akan mengetahui cerita-cerita ini dalam ketiga buku yang membahas tentang kehidupan saya, dan kehidupan banyak perempuan yang saya kenal.

Anda mungkin bertanya: bagaimana kekejaman seperti itu bisa terus terjadi di negara kaya minyak, di mana setiap warga negara menjadi terpelajar dan tercerahkan?
Saya percaya bahwa sebagian besar laki-laki di negara saya ingin mengatur semua orang di sekeliling mereka. Tindakan-tindakan seperti itu didukung oleh orang yang dengan sengaja membelokkan kata-kata Nabi tercinta kami, Nabi Muhammad, (semoga Allah memberikan rahmat dan keselamatan padanya) untuk satu-satunya tujuan, membuat perempuan tetap tak berdaya dan patuh.

Hanya sedikit kemungkinan bagi kami untuk dapat melakukan perubahan. Kami, perempuan Saudi, membutuhkan pertolongan Anda. Karena sebagian besar dari kalian hidup di negara-negara di mana Anda bisa meminta dengan tegas agar pemerintahan menuntut perubahan pada salah satu patner politik dan ekonomi negara kalian, Arab Saudi.

Namun kami, perempuan Saudi, bukanlah satusatunya masyarakat yang membutuhkan pertolongan kalian. Ketika saya mengetahui tentang status perempuan di seluruh dunia, saya terkejut mengetahui bahwa banyak perempuan di negara-negara lain juga mendapat perlakuan buruk dari laki-laki. Gadis muda dari Laos dan Kamboja serta Thailand, dipaksa masuk dalam perdagangan budak seks. Bayi-bayi perempuan di Cina yang hidup di lereng bukit menderita kelaparan. Bidan-bidan di India dibayar untuk mematahkan tulang belakang bayi perempuan, karena keluarga hanya menginginkan anak laki-laki. Perempuan Amerika sering dibunuh oleh kekasih atau suami yang cemburu. Saya sangat terluka mengetahui semua itu, karena mengetahui semua itu membuat saya sakit dan sedih.
Kita semua harus bekerja sama untuk menciptakan perubahan di bumi ini. Kita harus terus melakukannya sampai setiap anak perempuan diterima dengan baik sebagaimana anak laki-laki.
Saya berdoa semoga Allah mengabulkannya.
Putri Sultana Al Saud
(Dikutip dari novel Princess)

Aslinya..terharu bangetT baca novel ini. Gimana bisa di jaman sekarang ini masih ada aturan keras seperti itu dimana hak perempuan sangat dibatasi bahkan untuk keluar rumah sekalipun.
Buat yg suka novel true story, novel ini bisa jadi referensi buku yg harus dibaca...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar